MUSRENBANG PEKON SUKOYOSO

Filed under: BERITA TERBARU,EKONOMI,HIKMAH,KABAR PRINGSEWU |

IMG-20171203

PEKON SUKOYOSO – Ahad, (3/12) bertempat di Aula Balai Pekon Sukoyoso Kecamatan Sukoharjo telah diselenggarakan Musrenbang Pekon Rencana Kerja Pemerintah Pekon (RKPPekon) Tahun 2018.

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah pekon, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan pekon, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar pekon.

Pemerintah Pekon Sukoyoso Kecamatan Sukoharjo Pringsewu sendiri sudah melaksanakan beberapa tahapan kegiatan musyawarah untuk tahun 2018. Kegiatan musyawarah dimulai dengan Musyawarah Dusun yang dilakukan tiap-tiap dusun yang mengusulkan serta memutuskan prioritas pembangunan yang akan diusulkan dan kemudian dilanjutkan dengan musyawarah pekon antara pemerintah Desa, RKP Tim 11 dan BHP Pekon Sukoyoso.

Sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Desa/Pekon, disebutkan bahwa Perencanaan pembangunan desa/pekon adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Desa/Pekon dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa/pekon dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa/pekon.

Hadir dalam Musrembang pekon tersebut Kepala Pekon Sukoyoso Mukhamin, Ketua Badan Hippun Pemekonan Sutarkum beserta anggota, RT/RW, Kepala Dusun, tokoh masyarakat/agama dan perwakilan setiap anggota kelembagaan yang ada di Lingkungan Pekon Sukoyoso Kecamatan Sukoharjo Pringsewu, perwakilan dari Polsek Sukoharjo serta koramil Sukoharjo.

Dalam sambutannya Kepala Pekon Sukoyoso Mukhaimin mengatakan, Kegiatan musrenbang pekon ini merupakan untuk menyampaikan usulan-usulan kegiatan yang belum terealisasi serta penyampaian usulan dan aspirasi masyarakat mengenai pembangunan Pekon Sukoyoso, hal ini untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat sesuai dengan amanat undang-undang.

Beliau juga berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan mengajak kepada para peserta musyawarah untuk dapat bertukar fikiran, berbagi informasi dan memberi masukan untuk pembangunan Pekon Sukoyoso yang kita cintai.(*na)

Facebook Comments
(Visited 20 times, 1 visits today)
Nur AminudinPosted by on December 3, 2017. Filed under BERITA TERBARU, EKONOMI, HIKMAH, KABAR PRINGSEWU. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *