MUSYAWARAH PENGEMBANGAN PROGRAM UPO OLEH KELOMPOK TANI SIDOMAKMUR

Filed under: BERITA TERBARU,EKONOMI,HIKMAH,KABAR PRINGSEWU |

IMG-20171206-0001

PEKON SUKOYOSO – Musyawarah sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat nusantara. Musyawarah berarti berembuk atau berdialog untuk mencari solusi bersama. Muara musyawarah adalah mufakat atau kesepakatan bersama. Inti dari musyawarah ialah dialog dan gotong royong/swadaya. Masing-masing orang dengan rendah hati mengungkapkan dan menyerap pendapat. Sehingga, masing-masing manusia mempunyai pemahaman yang sama dan tidak merasa unggul atau kurang dari yang lain.

Hal ini yang dilakukan Kelompok Tani Sidomakmur Pekon Sukoyoso Kecamatan Sukoharjo yang beralamat di RT. 004 RW. 002 melakukan musyawarah dalam rangka pengembangan program unit pupuk organik (UPO) yang dihadiri oleh seluruh anggota kelompok tani sido makmur yang berlangsung di gedung kelompok tani sidomakmur pada hari Selasa (5/12) jam 20.00 WIB s/d selesai.

Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan.

Ketua kelompok tani Sidomakmur Sukemi mengatakan, pembuatan pupuk organik dari bahan baku berupa kotoran sapi, kambing, ayam, limbah hasil budidaya jamur tiram dan beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pupuk organik.

Masalah pupuk adalah masalah serius yang dihadapi oleh para petani khususnya di Pekon Sukoyoso, petani masih mengandalkan pupuk non-organik / kimia sebagai yang utama untuk memupuk tanaman. Padahal dengan terlalu banyaknya unsur kimia yang tercampur dalam tanah, tingkat kesuburan tanah pun semakin menurun sehingga mempengaruhi hasil panen. Pupuk Kimia juga perlu, tapi lebih bagus lagi bila lebih banyak pupuk organiknya, selain dapat mengurangi biaya pemupukan, pupuk organik lebih banyak manfaatnya untuk menyuburkan tanah dan tanamannya “, ungkapnya.(*na)

Facebook Comments
(Visited 26 times, 1 visits today)
Nur AminudinPosted by on December 7, 2017. Filed under BERITA TERBARU, EKONOMI, HIKMAH, KABAR PRINGSEWU. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *