RUMAH PINTAR PEMILU SI-BALU DIRESMIKAN

Filed under: BERITA TERBARU,HIKMAH,KABAR PRINGSEWU,POLITIK |

PRINGSEWU – Senin (5/6), Komisi Pemilihan Umum Pringsewu meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Si-Balu sebagai wadah membangun gerakan sadar demokrasi. Ketua KPU Pringsewu Andoyo, M.T.I mengatakan, RPP Si-Balu adalah salah satu strategi KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu dan pemilihan kepala daerah (pilkada). Di samping itu, RPP Si-Balu digunakan sebagai sarana penyampaian berbagai program pendidikan pemilih dan pada sisi lainnya RPP dimanfaatkan sebagai wadah bagi komunitas pengiat pemilu untuk membangun gerakan sadar berdemokrasi.

RPP si-Balu atau pusat pendidikan pemilih sebuah konsep pendidikan yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program aktivitas edukasi masyarakat. Menurutnya, RPP Si-Balu dilengkapi dengan berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi.

Menurutnya RPP merupakan bagian dari upaya KPU dalam melakukan pendidikan Pemilu kepada masyarakat juga merupakan program nasional yang diwajibkan kepada seluruh KPU di Indonesia. Serta bakal berfungsi untuk menginformasikan tentang sejarah Pemilu di Kabupaten Pringsewu, dan eksistensi KPU.”Juga menginformasikan berkaitan dengan jumlah mata pilih di Kabupaten Pringsewu,”terangnya.

Andoyo menjelaskan, RPP Pringsewu ini terdiri dari beberapa ruang yakni, ruang simulasi, ruang display (pameran) perangkat pemilu berkaitan dengan data statistik, perpustakaan, ruang diskusi dan studio mini untuk pemutaran film serta diorama TPS.

Dia menambahkan sasaran keberadaan gedung RPP adalah memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih (pelajar SLTA dan umum) dan pra pemilih (pelajar dari SD hingga SMP). “Targetnya, diharapkan mereka memiliki pemahaman bisa menyelenggarakan pemilu dimasa mendatang,”ungkapnya.‎

Ketua KPU Pringsewu menjelaskan, gedung RPP akan terbuka bagi masyarakat umum. “Artinya, jika masyarakat ingin melihat keberadaan Rumah Pintar Pemilu maka cukup datang ke Sekretariat KPU Pringsewu di Komplek Pemkab Pringsewu, gratis,” katanya.

Rumah Pintar Pemilu Si-Balu dibangun menggunakan dana APBN 2017 senilai Rp35 juta. “Seharusnya selesai pada Maret lalu, karena berbagai kesibukan maka baru bisa diresmikan saat ini,”ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Nanang Trenggono meresmikan secara langsung Rumah Pintar Pemilu (RPP) Si-Balu yang letaknya menyatu dengan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pringsewu di Kompleks Pemkab setempat. Peresmian RPP si-Balu berukuran 10 x 12 meter ditandai dengan pengguntingan pita Bupati Pringsewu H. Sujadi dan dilanjut buka bersama puasa ramadhan 1438 H.

Nanang Trenggono menuturkan keberadaan Rumah Pintar Pemilu ‎bertujuan meningkatkan partisipasi dan menciptakan pola pemilih yang cerdas. “Adanya RPP itu, semoga di Pringsewu partisipasi pemilih akan lebih meningkat dan berkualitas,” harapnya.

Disamping itu katanya, RPP si-Balu juga membantu Pemerintah Daerah setempat, karena keberadaannya juga untuk pembelajaran kepada masyarakat selain tentang kepemiluan juga pembelajaran dan pemahaman tentang idiologi Pancasila dan UUD 1945. “Yang jelas RPP akan selalu diisi dengan kegiatan yang positif, dengan harapan Kabupaten Pringsewu menjadi percontohan,” harapnya.

Nanang Trenggono memaparkan bahwa di Provinsi Lampung keberadaan RPP sudah ada empat yakni di Bandarlampung, Lampung Tengah, Kota Metro dan Kabupaten Pringsewu.

Sementara itu H. Sujadi memberikan apresiasi kepada jajaran KPU Pringsewu yang telah berkreatif mendirikan Rumah Pintar Pemilu tersebut. Dengan harapan keberadaan Rumah Pintar Pemilu setelah diresmikan agar dapat difungsikan sesuai dengan keperuntukannya, baik terkait dengan proses kepemiluan maupun kegiatan positif lainnya.”Saya atas nama pemerintah Kabupaten Pringsewu siap membantu keberadaan RPP tersebut,” ujarnya.

Disisi lain H. Sujadi juga memberi apresiasi atas kreatifitas dari jajaran KPU Pringsewu yang telah melaksanakan tugasnya dengan sebaiknya bersama elemen terkait lainnya terhadap proses pilkada Pringsewu beberapa waktu lalu berjalan aman dan kondusif dan hasilnya saya kembali dipercaya untuk menjadi Bupati Pringsewu kembali,” ujarnya.‎

Pada agenda tersebut tampak hadir keempat anggota KPU, H. Warsito, Hermansyah, Sofyan Akbar Budiman, Agus Prianto, Sekretaris KPU Ihsan Hendrawan, Ketua DPRD Pringsewu H. Ilyasa, Kepala Kesbangpol H. Ibnu Harjianto, Ketua Kampung Demokrasi, Ketua dan anggota KPU Kabupaten Tanggamus, perwakilan Kepala Sekolah SLTA, BEM dan OSIS.

Facebook Comments
(Visited 25 times, 1 visits today)
Nur AminudinPosted by on June 6, 2017. Filed under BERITA TERBARU, HIKMAH, KABAR PRINGSEWU, POLITIK. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *